Konsep New Media
1. SEJARAH INTERNET
Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk
oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek
ARPAyang disebutARPANET (Advanced Research Project Agency Network), Proyek
ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat
dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal
bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP
(Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs
saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa
Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu
pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972.
Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua
universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET
kesulitan untuk mengaturnya.
2. DEFINISI NEW MEDIA
Dalam artian luas Media baru atau New Media adalah istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai “media baru” adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak. Beberapa contoh dapat Internet, website, komputer multimedia, permainan komputer, CD-ROMS, dan DVD. Media baru bukanlah televisi, film, majalah, buku, atau publikasi berbasis kertas.)
New Media terdiri dari 2 kata yaitu New dan Media. New yang berarti Baru dan Media yang berarti Perantara. Jadi New Media merupakan Sarana perantara yang baru. Baru dalam arti disini dilihat dari segi waktu, manfaat, produksi, dan distribusinya. dan terbentuk dari interaksi antara manusia dengan komputer dan internet secara khususnya. Termasuk di dalamnya adalah web, blog, online social network, online forum, dsb.jadi dapat disimpulkan New Media adalah S.
3. MANFAAT DAN KEKURANGAN NEW MEDIA
New Media memiliki beberapa manfaat sebagai berikut:
- Arus informasi yang dapat dengan mudah dan cepat diakses dimana saja dan kapan saja.
- Sebagai media transaksi jual beli
- Sebagai media hiburan
- Sebagai media komunikasi
- Sarana pendidikan
Namun New Media juga memiliki beberapa kekurangan,
yaitu :
- Terbukanya informasi menimbulkan kemungkinan pencurian data pribadi. Hal ini biasa dilakukan hacker dengan tujuan-tujuan tertentu.
- Terbukanya arus informasi dan komunikasi juga dapat membawa virus yang berkedok aplikasi dengan mudah menyebar.
- Mudahnya akses situs yang berbau pornografi dan kekerasan.
- Rasa ketagihan berlebihan, contohnya pada saat bermain game online atau jejaring sosial.
Maka, sudah seharusnya perkembangan New Media
diikuti dengan kebijakan dari setiap penggunanya. Bagaimana penggunaan dari
user tersebut untuk menggunakan New Media dengan lebih positif lagi.
4. KOMPONEN NEW MEDIA
Pada
new media ada beberapa komponen seperti pembuat, penyalur dan pemakai juga
media yang digunakan agar dapat berhubungan dengan new media, diantaranya
adalah sebagai berikut:
- Pembuat (Produsen) merupakan orang yang menciptakan wadah atau sarana new media itu sendiri komponen ini berperan sebagai pencipta atau pembentuk new media.
- Penyalur (Distributor) merupkan sebuah perantara yang menghantarkan sarana media atau bisa disebut media yang berfungsi mengahantarkan pemakai untuk memakai sarana itu sendiri.
- Pemakai (Konsumen) merupakan orang yang berperan sebagai konsumen sebuah sarana media atau new media yang berfungsi untuk memakai new media.
Penerapan New Media Pada Beberapa Situs
1. Aplikasi New Media
New Media dapat di aplikasikan dalam berbagai hal seperti berikut:
- Jejaring Sosial
Dalam bidang jejaring social dapat
kita temukan banyak sekali kegunaan atau peran new media contoh
peimplementasiannya seperti facebook,twitter dan lain-lain
- Sarana hiburan
Dalam bidang ini pengimplementasian
new media sangat nyata contohnya seperti Youtube,vimeoo yang digunakan untuk
melihat,mengupload atau bahkan mendownload sebuah video di internet.
- Sarana Informasi (Berita)
Dalam bidang ini new media
diimplementasikan sebagai media informasi untuk melihat berita contoh nya
detikcom,kompas.com dan lainnya.
- Sarana Jual beli
Dalam bidang ini new media
diimplementasikan sebagai media jual beli untuk pembeli dan penjual seperti
Berniaga.com,Toko Bagus.com dan lain-lain.
2. Contoh dan Komponen New Media
Pada Beberapa Situs
Beberapa contoh New Media
adalah Internet, website, buku digital, komputer multimedia, permainan
komputer, jejaring sosial, streaming video, video conference, CD-ROMS, DVD, dan
lain-lain.
Komponen dari new media yaitu handphone/smartphone,
internet, dan komputer. Dengan komponen New Media, kita dapat mengakses
bebesapa situs jejaring sosial diantaranya Facebook, Twitter, Youtube, Email,
FourSquare, dan lain sebagainya. Kita juga dapat lebih cepat mendapatkan
informasi yang kita inginkan atau juga memberikan informasi yang kita dapatkan
sesuai dengan kenyataan.
Nah Siapa bilang Indonesia tidak punya jejaring
sosial buatan sendiri? Bahkan tahukah Anda bahwa ada yang sempat populer?
Memang perlu diakui bahwa media sosial dari negeri lain lebih populer di tanah
air ketimbang buatan Indonesia sendiri.
Padahal sebenarnya, bukan Indonesia tidak bisa
membuat tetapi memang kita masih jarang memakai jejaring sosial buatan negeri
sendiri.
Apa-apa saja situs yang didesain sebagai media
sosial Indonesia tersebut? Berikut daftarnya:
1. Indoface
(indoface.com)
Indoface.com adalah salah satu
jejaring sosial dari Indonesia juga yang hampir mirip dengan Facebook dan
Twitter dalam hal fitur. Terdapat beragam fitur, mulai dari update status,
check-in, upload foto dan ada pula blog, vote dan my voice dan ingin
dikembangkan agar bisa melakukan video chat.
2. Kwikku (kwikku.com)
Kwikku adalah situs jejaring sosial
buatan mahasiswa Indonesia jurusan Teknik Informatika di suatu perguruan tinggi
negeri di Malang. Situs ini sempat santer tahun lalu karena beragam fitur yang
ditawarkan, mulai dari kwikku e-learning yang memfasilitasi kelas online, mall
kwikku sebagai marketplace dan juga blogging serta cloud computing.
Tidak ketinggalan fitur dating yang memfasilitasi para
jomblo di Indonesia. Tahun 2013 lalu, Kwikku.com memenangkan penghargaan dari
Research Expo on Computing 2013.
3. MindTalk (mindtalk.com)
MindTalk.com dipelopori oleh Robin
Marufi dan juga Danny Oei Wirianto yang awalnya mendirikan situs jejaring
sosial Digaku.com tapi kemudian sepakat untuk membangun MindTalk. Situs
jejaring sosial dari Indonesia ini berfokus pada saluran miat. Pengguna dapat
mengiuti beragam saluran minat, mulai dari fotografi, teknologi, selebriti,
kesehatan, fesyen, bisnis, pemasaran dan otomotif.
Pengguna dapat berbagi video, foto sampai dengan
artikel. Tahukah Anda bahwa MindTalk mempunyai 180.000 pengguna, melebihi dari
target pendirinya yakni 100.000 pengguna. MindTalk juga membuka API agar
pengembang bisa membuat aplikasi ataupun game untuk MindTalk. Rencananya
MindTalk ingin mengekspansi negara-negara lainnya di Asia Tenggara dan India.
Semoga berhasil!
4. Sebangsa (sebangsa.com)
Sebangsa.com adalah salah satu
media sosial Indonesia yang teranyar! Didirikan pada tahun 2014 sehingga bisa
terbilang masih baru. Namun, social media Sebangsa ini punya keunikan yakni
KONTEN LOKAL yang terasa ‘Indonesia Banget’. Social media ini bisa dibilang
mirip Path dan Twitter dengan fitur linimasa dan bisa juga meng-update status
dan foto dan kegiatan lainnya.
Tidak hanya itu, fitur menarik Sebangsa adalah
menghubungkan pengguna dengan berbagai layanan publik seperti kepolisian dan
pemadam kebakaran. Selain itu, terdapat pula fitur Pesan Panik yang berfungsi
mengirimkan pesan kepada 5 orang terdekat apabila dalam keadaan darurat. Fitur
Pesan Jaga-jaga yang memungkinkan posisi pengguna bisa diketahui oleh 5 orang
terdekatnya dengan mengaktifkan GPS.
Sumber :
- https://mybektiblog.wordpress.com/2017/10/09/sejarah-konsep-serta-penerapan-new-media-di-berbagai-situs/
- https://www.maxmanroe.com/media-sosial-indonesia.html
- https://rianitagiovanni.wordpress.com/2015/10/08/pengertian-dan-konsep-new-media/
- http://indrawn24.blogspot.com/2015/10/konsep-new-media.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar